Jumat, 14 Desember 2012

PERANGKAT KOMPUTER

    Perangkat komputer terdiri atas tiga komponen dasar yaitu perangkat keras (Hardware),perangkat    
      lunak (Software)dan Brainware.
1.      Perangkat keras (Hardware)
   Hardware yaitu perangkat keras yantg terdapat pada sistem komputer. Perangkat keras komputer yang dangan mudah dapat dilihat seperti Keyboard, Mouse, CPU, Monitor, Printer, dan Speaker.

2.      Perangkat lunak (Software)
   Perangkat lunak (Software) adalah suatu program yang berisi instruksi-intruksi (perintah) yang ditulis dalam bahasa komputer yang dimengerti oleh perangkat keras computer. Software dibagi menjadi dua yaitu.
a.      Software Sistem Operasi
          Software system operasi digunakan untuk interpreter, configurasi hardware dan
        Manajemen file.
1)      Interpreter yaitu software sistem operasi dibunakan untuk menterjemahkan perintah software aplikasi sehingga dimengerti oleh hardware.
2)      Configurasi yaitu system operasi digunakan untukmengenal peralatan pendukung komputer (pheriperal).
3)      Manajemen file yaitu sistem operasi dibunakan untuk mengelola file baik yang berupa data maupun program.
b.      Software apelikasi atau paket program
    Software apelikasi digunakan untuk mengelola data elektronik, software apelikasi antara lain.
1)      Word processing, software ini digunakan untuk pengolahan kata.
2)      Spread sheet, software ini digunakan untuk pengolahan angka.
3)      Auto card, software ini untuk pengolahan menggambar tehnik.
4)      Acces, software ini untuk pengolahan data base.
5)      Citra photo, dan sebagainya.

3.      Brainware
   Brainware merupakan perangkat komputer atau teknologi informasi yang sangat penting. Sebab tanpa brainware tehnologi informasi tidak akan berkembang. Brainware sangat penting karena computer tidak akan berfungsi  jika tidak ada yang memikirkan cara kerja komputer.
B. Fungsi Perangkat Keras Komputer
        Pada bagian ini hanya akan dibahas beberapa fungsi perangkat keras komputer adalah sebagai    
     Berikut :
  
1.      Keyboard
    Keyboard merupakan salah satu bagian dari peralatan masukan (input device) yang berfungsi untuk memasukan data atau memberikan perintah kepada komputer. Tombol-tombol pada keyboard dapat dibedakan menjadi 6 bagian yaitu tombol fungsi, qwerty, edit, control kursor, dan tombol numeric.

2.      Mouse
     Mouse adalah bagian dari perangkat keras dari sebuah komputer  yang berfungsi sebagai penunjuk pada software berbasis Windows. Mouse juga digunakan untuk menempelkan korsor dangan cepat serta memiliki ikon-ikon atau menu dalam menjalankan perintah.
3.      Central Processing Unit (CPU)
    Tampilan fisik CPU terdapat dua jenis mecam CPU yang berbentuk Minitower dan Dekstop.

a.      CPU
   Control processing unit berfungsi untuk memperoses informasi yang telah dimasukan melalui input dwice. CPU terdiri dari tiga bagian penting yaitu control unit, memory, dan Arithmetic and Logic Unit. Masing-masing mempunyai fungsi sebagai berikut :
1)      Control Unit
    Bagian ini berfungsi mengontrol hardware, melakukan penyimpanan dan mengontrol input, output dan pemilihan bagian-bagian yang berada didalam CPU.
2)      Memory
    Memory merupakanperangkat yang berfungsi sebagai alat penyimpanan internal. Terdapat dua macam memory yaitu RAM dan ROM.
3)      Arithmetic and Logic Unit (ALU)
    ALU berfungsi untuk membawa semua fungsi logika aritmatika dan memperoses data.
b.       Perangkat Penyimpanan
    Perangkat yang terutup oleh casing yang Nampak sebagai kesatuan dari CPU seperti telah disebutkan diatas, didalamnya terdapat perangkat penyimpanan internal maupun eksternal.
Perangkat penyimpanan eksternal terdiri antara lain : Harddisk, CD, Floopy disk, DVD.
  
1)      Hard disk
   Harddisk berfungsi sebagai alat penyimpanan data dan menangani program di komputer. Kapasitas simpan harddisk dinyatakan dalam satuan gigabyte. Pada saat ini kapasitas harddisk yang beredar di pasaran berkisar antara 20 sampai 80 GB.
1 klibyte (1 KB)           = 1024 Byte
1 megabyte (1 MB)    = 1024 KB
1 gigabyte (1 GB)          = 1024 MB
2)      CD
   Alat ini berfungsi untuk menyimpan data maupun program. CD mempunyai kapasitas penyimpanan data sampai  700 MB. Perangkat CD ada tiga yaitu CR-ROM, CD-R, CD-RW.

3)      Floopy Disk
   Pada saat ini alat penyimpanan data yang berupa Disk 3.5 ini atau disebut dangan disket masih banyak digunakan. Disket mampu menampung data sampai 1.44 MB.

4)      DVD
  DVD (Digital Versatile Disk) merupakan alat penyimpanan grafik program maupun data yang memiliki kapasitas lebih besar dari pada CD-ROM. Kapasitas DVD mencapat 17 GB.
Sementara untuk CD-ROM sebesar 700 MB. Perangkat DVD ada empat yaitu DVD-ROM, DVD-R, DVD-RW dan DVD-RAM.

C. Bagian-bagian yang terdapat dalam Rangkaian CPU
    
1.      Power Supply
   Power supply merupakan bagian yang terdapat pada perangkat CPU. Alat ini digunakan untuk pemberian masukan arus listrik ke dalam komputer. Disamping itu juga terdapat kipas yang akan berfungsi sebagai perbandingan agar power supply tidak terlalu panas karena adanya arus listrik yang masuk ke alat tersebut.
2.      Soket Processor
   Alat ini terdapat pada mother board yang akan berguna sebagai tempat untuk memasang atau menempelkan processor. Bentuk sekat processor dari jenis komputer yang satu dangan jenis komputer  yang lain mungkin berbeda.
3.      Slot Memory
   Alat ini terdapat pada mother board yang akan berguna sebagai tempat untuk memasang atau menempelkan memori terutama RAM.
4.      Sound Card
    komputer akan dapat berkerja dangan sempurna untuk menghasilkan suara yang sangat diperlukan pada saat mengoperasikan lagu-lagu yang terdapat pada CD jika dilengkapi dengan sound card. Sound card terdapat dua tipe yaitu ISA dan PCI, sound card ISA mempunyai 16 bit sedangkan PCI mempunyai 8 bit.
5.       VGA Card
    komputer akan dapat menghasilkan gambar yang tajam jika dilengkapi dengan VGA yang memadai.
6.      Controller
   Controller merupakan tempat untuk memasang kabel-kabel penting agar bagian-bagian yang ada pada computer dapat bekerja dengan baik. Pada mother board terdapat 3 controller yaitu satu controller FDD dan dua controller Harddisk.
   Controller FDD mempunyai 32 pin sedangkan controller Harddisk mempunyai 38 pin.
7.      Mother Board
    Mother board merupakan papan sebagai pusat kerja computer. Pada bagian ini terdapat berbagai bagian baik bagian yang besar dan bagian yang kecil, yang dapat dilepas maupun yang tidak dapat dilepas.
8.      Monitor
  Monitor merupakan media keluaran yang berfungsi untuk menampilkan hasil kerja komputer pada layar monitor. Ada beberapa jenis monitor dilihat dari segi kemampuan dalam memberikan tampilan hasil kerja yaitu : monochrome, CGA, EGA, VGA, dan SVGA. Monitor yang paling banyak digunakan pada saat ini adalah SVGA.

9.      printer
    printer merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mencetak hasil kerja komputer pada kertas. Pada saat ini terdapat tiga jenis printer yang beredar di pasaran yaitu : Dotmetrik, Ink-jet, dan Leser.
    Printer jenis Leser memberikan hasil yang paling baik. Sedangkan Ink-jet memberikan hasil yang lebih halus daripada Dotmetrik. Dotmetrik mempunyai keunggulan terutama sesuai untuk mencetak pada kertas sheet stensil.

10.  Speaker
    Speaker merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk mengeluarkan suara.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar